10 Hot Topik Leadership Ini Ada Dalam Public Training ALC

Hot Topik Leadership

Daftar Isi

Intip 10 hot topik leadership yang ada dalam  public training ALC Leadership Management

Seorang pemimpin adalah panutan bagi setiap karyawannya. Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang dapat mengayomi dan melindungi bawahannya agar selalu semangat dalam bekerja serta memberikan pengaruh yang akan berdampak pada kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Untuk mencetak pemimpin–pemimpin yang kompeten seperti ini, Anda membutuhkan Training Leadership yang akan membantu anda untuk mengeluarkan jiwa kepemimpinan di dalam diri Anda. Mengadakan training ini untuk melatih kepemimpinan baik dalam mengubah cara pandang maupun mengubah mindset seorang karyawan. Pelatihan ini biasanya diadakan langsung melalui lembaga training terbaik dan terpercaya dalam menghasilkan pemimpin yang kompeten.

Mengikuti webinar training leadership berguna dalam membangun sebuah tim yang solid. Sehingga, pelatihan ini menjadi salah satu media untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas yang nantinya dapat membawa tim untuk mencapai tujuan bersama.

Apa Itu Webinar Leadership Training?

Webinar leadership training atau pelatihan kepemimpinan adalah suatu program pelatihan yang fokus membantu peserta untuk mengasah kemampuan dan jiwa kepemimpinannya.

Tidak hanya mengenai bagaimana cara memimpin orang lain, tapi juga cara menghadapi masalah, mengelola perasaan dan mental, hingga cara mengatur dan membagi tanggung jawab kepada anggotanya.

Disebut sebagai webinar karena umumnya pelatihan ini diadakan dalam konsep webinar dimana akan ada seorang motivator yang akan menjadi pelatih peserta.

Webinar Leadership Training Bersama ALC

ALC adalah salah satu lembaga leadership training yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas melalui berbagai program pelatihan yang tersedia.

Program-program tersebut juga dibuat untuk membantu peserta memaksimalkan 12 kompetensi kepemimpinan. Beberapa program dengan hot topic tersebu di antaranya terdapat Leadership Fundamental Program, Leadership Development Program, Manager dan Supervisory Development Program, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

7 Jenis Program Pelatihan Dan Pengembangan SDM Yang Perlu Anda Ketahui

Topik Hangat Leadership Pada ALC

Setiap perusahaan yang mengadakan training leadership memilki tujuan tertentu. Dari tujuan ini maka akan disesuaikan dengan topik yang dibahas melalui training, karena kepemimpinan merupakan sebuah topik yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Proses kepemimpinan bersifat dinamis sehingga topiknya harus disesuaikan.

ALC Leadership Management, memilki berbagai macam topik yang menarik sehingga dapat menjadi pilihan bagi perusahaan dalam mengadakan Training Leadership.

10 Hot Topik Terbaik dalam Pelatihan Kepemimpinan/Training Leadership

Pertama, Leadership Fundamental

Leadership fundamental adalah ilmu dasar kepemimpinan yang menjelaskan  mengenai hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang pemimpin. Salah satu cara yang akan di jelaskan pada judul seminar tema kepemimpinan yaitu bagaimana menjadi pemimpin yang bijaksana, karena kepemimpinan adalah suatu proses ketika seseorang memimpin, membimbing, mempengaruhi, dan mengontrol pikiran, perasan atau tingkah laku orang lain.

Sehingga dapat dipahami bahwa kepemimpinan merupakan tindakan atau perbuatan seseorang untuk mendorong sejumlah orang agar bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terarah pada tujuan bersama.

Melalui pelatihan seminar kepemimpinan di ALC Leadership Management, Anda akan diajak untuk fokus pada tujuan bijak dalam bersikap dan menjunjung tinggi integritas. Melalui training motivasi karyawan di ALC Leadership Management, Anda akan kami ajak untuk membangun visi sebagai pemimpin, kemudian mengambil tindakan nyata untuk mewujudkannya. Anda juga akan kami ajak untuk mempraktekkan langsung sekaligus merasakan perubahannya.

Kedua, Great Leaders, Great Influencers

Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang memberikan pengaruh terhadap karyawannya. Tentu saja pengaruh yang diberikan adalah pengaruh yang positif. Karena pengaruh seorang pemimpin sangat berdampak terhadap kinerja karyawan dan tujuan utama perusahaan.

Seorang pemimpin yang menjalankan tugas kepemimpinnnya dengan positif, maka akan memberikan pengaruh yang positif bagi karyawannya. Sebaliknya jika seorang pemimpin menjalankan tugas kepemimpinannya dengan negatif, maka akan berpengaruh negatif pula.

Berpengaruh di sini bukan semata-mata mengeksploitasi anggota tim untuk mendapatkan apa yang kita mau. Ini adalah tentang bagaimana seorang leader berperilaku, menjaga sikap, dan ada beberapa hal positif yang harus ditularkan. Yakni, membangun kredibilitas, menjadi positif dan proaktif, membangun kepercayaan, menginspirasi serta membantu orang untuk menjadi sukses.

ALC Leadership Management, akan membentuk Anda untuk menjadi pemimpin yang baik sehingga mampu untuk mempengaruhi serta memotivasi anggota timnya untuk selalu berkembang. Untuk menjadi pemimpin besar, Anda harus menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh.

Salah satu contoh tema webinar menarik yang dapat membantu Anda dalam membangun pengaruh  adalah coaching dan mentoring. Memiliki kemampuan dalam memberi individu ruang yang aman untuk membicarakan masalah-masalah sensitif sangatlah penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin besar tidak hanya mendorong dan menginspirasi, tetapi juga meningkatkan pengetahuan, skills dan komitmen timnya untuk mencapai tujuan bersama.

Ketiga, Supervisory Skills for Great Supervisor.

Tugas seorang pemimpin tidak hanya memerintah bawahannya, namun pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu merangkul, mempengaruhi, dan memberikan motivasi kepada timnya untuk mewujudkan tujuan bersama. Pemimpin tidak bisa bekerja sendiri, ia membutuhkan bantuan timnya untuk mencapai target perusahaan.

Suatu perusahaan tentu membutuhkan seorang supervisor sebagai pengawas dan pengarah timnya serta sebagai penghubung antara manager dan staff. Kemampuan supervisor tidak hanya ada pada kemapuan hardskill tetapi dibutuhkan softskill, seperti kemampuan komunikasi yang baik, agar dapat menjadi supervisor yang baik serta menjadi panutan bagi para staff-nya.

Pelatihan kepemimpinan ALC menjadikan Anda supervisor produktif dengan tim yang handal. Supervisory management ini dirancang bukan hanya untuk supervisor, tetapi juga calon supervisor, dalam melatih skills yang mereka butuhkan. Sehingga fungsi-fungsi di dalamnya bisa ter-manage dengan efisien. Topik ini mengajarkan cara menjadi great supervisor melalui 4 hal : leadership, problem solver, komunikasi dan integritas.

Keempat, Lead and Influence to Greatness.

Banyak orang yang beranggapan bahwa pemimpin hanya sebatas otoritas atau seseorang yang hanya memberikan perintah untuk melakukan pekerjaan. Padahal menjadi seseorang pemimpin adalah tentang bagaimana membangun pengaruh positif.

Membangun pengaruh di sini maksudnya adalah membangun hubungan yang kuat berdasarkan kepercayaan (trust), rasa hormat (respect) dan menyajikan ide dengan baik kepada bawahan, alih-alih hanya semena-mena memberikan perintah. Karena dengan membangun pengaruh yang positif, karyawan akan lebih loyal dan melakukan segala pekerjaan dengan sukarela.

Lead with influence membuat orang lain merasa nyaman, mengandalkan kita untuk mendapatkan sudut pandang baru dan informasi untuk membuat sebuah keputusan. Dan yang terpenting, ini tentang menjadi transparan dalam pekerjaan.

Pelatihan kepemimpinan di ALC Leadership Management akan melengkapi sikap Anda sebagai pemimpin. Mendorong Anda membangun pengaruh melalui pemberdayaan tim.

Dalam topik ini Anda akan diberikan cara untuk memimpin dan membangun ownership serta komitmen dalam membangun kemajuan serta mencapai prestasi untuk tim. Ownership tentunya berdasar pada self leadership atau memimpin diri. Hal yang ditekankan adalah pemberdayaan tim semaksimal mungkin ketika bekerja.

Baca juga :

7 Metode Inhouse Training Leadership Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Anda dan Team

Kelima, The Power of Working with Emotional Intelligence

Salah satu kecerdasan yang berpengaruh dalam dunia kerja adalah kecerdasan emosional (EQ). Seringkali kecerdasan emosional jarang diperhatikan, padahal kecerdasan emosional saat ini menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam mempekerjakan karyawannya. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengendalikan, menata, menilai,  dan mengelola emosi diri terhadap sekitar.

Seseorang yang memilki kecerdasan emosional, dia akan mampu mengenali dan mengerti emosi diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat bermanfaat dalam dunia kerja, contohnya seperti mudah dalam mencari solusi, membuat keputusan, dan berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan. Kecerdasan emosional juga akan mempengaruhi performa dalam bekerja.

Dalam dunia kerja, Anda tidak bisa menghindari interaksi sosial, dimana Anda harus memahami diri sendiri dan orang lain. Orang yang memilki kecerdasan emosi yang baik akan lebih mudah dalam menghadapi dunia kerja karena pada dasarnya kita memerlukan bantuan dan dukungan dari rekan kerja, bawahan, atau atasan untuk mencapai keberhasilan yang lebih tinggi.

Pelatihan kepemimpinan oleh ALC Leadership Management merupakan pelatihan yang akan mendorong Anda bekerja dengan hati untuk lebih berprestasi. Pelatihan kepemimpinan ALC ini membuka pola pikir Anda akan pentingnya bekerja dengan hati untuk meraih kesuksesan karir/bisnis yang Anda inginkan. Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis, serta prestasi.

Keenam, Strategic Leadership. 

Seorang pemimpin wajib memilki skills strategic leadership demi meraih tujuan perusahaan. Seorang pemimpin beserta timnya harus dapat berpikir dan bertindak secara strategis, meski tengah berada di masa sulit, demi mencapai tujuan bersama.

Pemimpin harus berani melakukan perubahan yang tidak hanya berdampak positif bagi pemimpin maupun timnya, tetapi juga pada perusahaan. Jika cara berpikir tidak bisa berubah, maka masalah yang ditemui akan selalu sama. Inilah yang dinamakan cara tidak strategis.

Adapun beberapa prinsip yang dapat membantu membuka potensi kepemimpinan strategis dalam diri yaitu jujur dan terbuka dengan informasi, membuat berbagai plan dengan mengembangkan ide dan menghubungkan ide-ide tersebut menjadi sebuah value, memberikan ahli strategi yang lain dan akses, dan meluangkan waktu untuk merefleksikan diri. Lalu bagaimana cara menerapkan skills strategic ledership?

Dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan di ALC Leadership Management, kami akan memberikan peluang kepada Anda untuk menjadi pemimpin strategis. Karena pemimpin yang strategis akan selalu berpikir dan bertindak strategis, baik di masa pertumbuhan maupun di masa sulit.

Lantas apa saja langkah-langkah strategis untuk seorang leader atau pemimpin? Yaitu membuat langkah kerja, berpikir out of the box untuk mendapat sebuah ide, menetapkan tujuan dengan skala besar, serta bekerja lebih keras dan memotivasi anggotanya untuk bekerja lebih keras.

Ketujuh, Creative Thinking. 

Pernahkah terpikirkan oleh kita, mengapa semua orang bisa berpikir kreatif? Ternyata menemukan ide baru bukanlah hal mudah karena skill ini dapat kita kuasai hanya jika kita mau melatihnya tanpa peduli siapapun diri kita atau apapun pendidikannya. Berpikir kreatif membuka kesadaran akan pentingnya imajinasi. Hal ini akan berdampak dalam pekerjaan maupun karir.

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu dengan cara yang baru. Kreatif adalah bakat yang dimilki semua orang, namun tidak semua orang mampu mengasah kemampuan berpikir kreatif, karena kebanyakan orang menganggap mengasah kreativitas hanya untuk orang yang bekerja di industri kreatif. Padahal dalam semua pekerjaan, mengasah kemampuan berpikir kreatif itu penting. Mengapa? Karena creative thinking ini sangat berguna untuk perkembangan karir maupun perusahaan. 

Dengan berpikir kreatif, kita akan mampu menganalisa suatu peluang terhadap sesuatu yang dapat diolah kembali sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan manfaat baru.

ALC Leadership Management akan membantu Anda untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif atau creative thinking sehingga Anda akan menjadi lebih paham dalam menemukan cara mengembangkan kreativitas Anda yang tersembunyi. Anda juga akan lebih mampu mengeksplorasi ide cemerlang dengan mudah, serta menjadikan Anda pekerja  yang lebih baik, lebih kreatif dan lebih produktif.

Setelah mengikuti pelatihan creative thinking ALC, Anda akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk bekerja lebih tinggi dan bertahan lama sehingga Anda akan menjadi lebih cerdas dan bijak dalam mengatasi setiap permasalahan. Tidak hanya itu, ide-ide baru Anda akan semakin cemerlang, cara pandang Anda berubah, terdorong  untuk bertindak nyata, membangkitkan daya imajinasi, hingga peningkatan performance Anda dan tim tercinta.

Kedelapan, Self Leadership in Chalenging Times.

Contoh topik pelatihan leadership hot lainnya adalah self leadership in challenging times. Self leadership merupakan sebuah aksi dimana seseorang dengan secara sengaja mempengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Terkadang kita tidak dapat mengatur diri sendiri dalam mengendalikan emosi sehingga berperilaku tidak pantas dan ingin melakukan segalanya.

Padahal skills kepemimpinan ini merupakan kemampuan yang harus dikuasai semua orang, karena self leadership adalah kemampuan untuk memimpin diri menjadi lebih baik dengan sengaja mempengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan untuk mencapai tujuan akhir.

Self leadership ini wajib kita milki karena dapat membuat cara kerja menjadi lebih efisien dan produktif sehingga dapat membantu mengatur waktu dan konsistensi dalam bekerja. Kemudian, self leadership juga dapat membuat kita tetap termotivasi dalam bekerja, sehingga dapat melewati tantangan dan mencapai tujuan. Setelah itu, Anda akan mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja, dan dapat menginspirasi orang lain dalam melakukan pekerjaan.

Rasakan perubahan setelah mengikuti training kepemimpinan di ALC Leadership Management. Anda akan menjadi lebih mampu mengevaluasi diri sendiri secara objektif, meningkatkan cara kerja ke arah yang lebih baik dan produktif, mengubah sikap dan perilaku Anda menjadi lebih selaras dengan nilai-nilai perusahaan, menjadi lebih cerdas dan bijak dalam memahami cara pandang orang lain, serta mengetahui cara mengontrol tindakan, pikiran, dan emosi.

Kesembilan, Creative Problem Solving

Masalah akan selalu ada dimanapun kita berada tak terkecuali dalam pekerjaan. Masalah akan datang kapan saja, sehingga kita harus dapat mengatasi masalah tersebut alih-alih menghindari masalah. Masalah bisa datang kepada siapa saja dengan tidak memandang bahwa dia seorang karyawan biasa atau seorang pemimpin.

Menjadi seorang pemimpin yang sukses bukan berarti terlepas dari berbagai masalah. Semakin banyak tanggung jawab, maka semakin kompleks pula masalah yang dimiliki.

Seorang pemimpin harus dapat menyelesaikan masalah dengan creative problem solving atau menyelesaikan masalah dengan kreatif. Creative problem solving bukan hanya sekedar kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif saja. Creative problem solving adalah sebuah mindset atau pola pikir yang membawa seseorang ataupun kelompok untuk berpikir positif dalam mencari jalan keluar dari permasalahan dan menghasilkan jalan keluar yang akan mencegah munculnya masalah baru.

Creative problem solving sangat penting, karena dapat membantu memperbaiki sesuatu yang berantakan dengan efektif, mengantisipasi kemungkinan resiko di masa depan, meraih peluang karena akan membuka kesempatan berinovasi dengan menciptakan hal-hal baru.

ALC Leadership Management akan membantu Anda untuk mendalami creative problem solving dengan meningkatakan keahlian Anda dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi setiap permasalahan, meningkatkan kesadaran dalam memetakan masalah, hingga meningkatkan kemampuan keberanian dalam mengambil keputusan dan memberikan solusi.

Kesepuluh, Building High Performance Teams

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memilki tim kerja yang berkinerja tinggi. Tim kerja yang berkinerja tinggi mengacu kepada sekelompok individu yang berfokus pada tujuan dengan keahlian atau keterampilan khusus yang saling melengkapi dan saling berkolaborasi, berinovasi, serta menghasilkan hasil yang unggul secara konsisten.

Membangun tim berkinerja tinggi sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan karena persaingan yang dihadapi akan semakin ketat. Sehingga, hanya orang-orang dengan kinerja tinggi yang akan berhasil, karena ia mendedikasikan dirinya untuk kemajuan perusahaan. Sebuah tim merupakan sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan diluar kepentingan pribadi mereka.

Mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM bersama ALC Leadership Management bisa menjadi solusi untuk membangun tim yang berkinerja tinggi. Di sini kami akan  membimbing Anda membangun tim yang berkinerja tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan. Kami juga akan membuat Anda menyadari mengapa tim Anda belum memiliki kinerja yang tinggi dengan memberi cara membangun kinerja dan membangkitkan tekad tim dalam meraih tujuan bersama.

Kesimpulan

Nah, itulah 10 hot topik leadership training di ALC. Apakah perusahaan Anda sudah melakukan salah satu topik tersebut? Webinar leadership training akan membantu SDM di perusahaan Anda untuk terus meng-update kemampuan dan keahliannya.

Skills yang selalu ter-update tersebut nantinya akan membantu kinerja sehari-hari dalam perusahaan. Dengan begitu, langkah ini juga bisa menjadi langkah nyata perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan mencetak pemimpin masa depan.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai topik menarik ALC Leadership Management Anda bisa melihatnya di topik materi dan jadwal training online ALC.

ALC Leadership Management memiliki program Public Training dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program Public Training yang disukai klien kami di antaranya Strategic Leadership, Coaching & Counseling, Strategic Leadership, dsb.

Tingkatkan keahlian Coaching & Mentoring Anda hari ini :

– Ketahui cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Dengan ALC METHOD, kami mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan melalui Leading Change

– Pahami bagaimana konsep situational leader berikut 4 tipenya. Mengikuti SLI fitness test sekaligus mengenali 3 skils yang wajib Anda miliki melalui Situational Leadership

– Pelajari bagaimana membangun team yang berperforma tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan. Mengajak Anda mengenali lebih dini  5 tantangan yang harus Anda hadapi, serta cara membangun performa team melalui 4TKI, melalui Building High Performance Teams

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

EnglishIndonesian