Percaya Diri Saat Presentasi, Yuk Kenali Caranya

Dalam banyak bidang kehidupan kita, kepercayaan diri adalah kunci kesuksesan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tampak percaya diri mencapai kesuksesan yang lebih besar daripada teman sebayanya.

Bagi sebagian orang, kepercayaan diri muncul secara alami, tetapi bagi kebanyakan orang tampil percaya diri, terutama dalam berbicara di depan umum merupakan hal yang sulit.

Menurut motivator wanita Indonesia Ainy Fauziyah, ada 2 penyebab utama sulitnya tampil percaya diri khususnya saat melakukan presentasi di depan publik ataupun kelompok yaitu ‘tidak mau tahu’ dan ‘tidak mau berubah.’

Bisa jadi Anda sekarang bertanya di dalam hati,” Lho, kenapa begitu?” Hem, baiklah. Mari sekarang kita berbicara dari hati ke hati pengertian ‘tidak mau tahu’ dan ‘tidak mau berubah.’

Pertama, sikap ‘tidak mau tahu.’

Yang dimaksud dengan tidak mau tahu disini adalah tidak mau tahu akan hal-hal yang belum Anda ketahui atau pun Anda kuasai. Artinya, ketika Anda tahu bahwa dalam waktu dekat Anda akan melakukan presentasi di depan publik, tentunya Anda perlu melakukan berbagai persiapan, bukan? Dan tidak mempersiapkan dalam sedetik, bukan?

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan diantaranya :


Pertama, mengetahui lebih dini siapa audiens Anda


Kedua, mempersiapkan isi materi yang singkat, padat, mudah dimengerti dan sesuai dengan topik pembahasan.


Ketiga, waktu pembahasan materi sesuai dengan waktu yang disediakan


Keempat, latihan di depan cermin dan bila perlu Anda rekam suara Anda, untuk Anda dengarkan sendiri, apakah suara enak di dengar dan penyampaian Anda mudah dimengerti?


Kelima, bicaralah fokus pada topik dan tidak melebar kemana-mana. Ketika bicara, pandanglah audiens secara merata dengan wajah yang antusias dan senyum dengan tulus.


Keenam, jadilah diri Anda sendiri selama berbicara dan gunakan body language.


Ketujuh, berpakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi.

Dari ketujuh hal di atas, mana yang telah Anda lakukan dengan baik? Dan mana yang belum Anda lakukan dengan baik?


Kedua, sikap tidak mau berubah.

Yang dimaksud dengan ‘sikap tidak mau berubah’ disini adalah keengganan diri untuk mereview diri sendiri demi perbaikan diri. Review diri perlu dilakukan khususnya setiap kali setelah melakukan presentasi. Cara termudah untuk mereview diri sendiri setelah presentasi adalah dengan menanyakan pada diri sendiri pertanyaan berikut :
Apa yang telah saya lakukan dengan baik di presentasi saya tadi?


Dari presentasi saya tadi, apa yang perlu saya tingkatkan untuk presentasi berikutnya?

Sekilas, pertanyaan tersebut tampak sepele dan sederhana. Tetapi saya yakin Anda membutuhkan waktu untuk menjawabnya dengan jujur. Dan segera setelah Anda menjawabnya dengan jujur plus mengambil tindakan nyata secara konsisten, tanpa Anda sadari, Anda akan tampil penuh percaya diri setiap kali melakukan presentasi.
Luar biasa, bukan?

Selamat berubah & melakukan perubahan!

Please follow and like us:
Follow by Email
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram

Related Post

Leave us a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa kami bantu? Available from 08:00 to 18:00