fbpx

Ketahui 10 Cara Memilih Pelatihan Kepemimpinan Terbaik

Pelatihan Kepemimpinan

Pelatihan kepimpinan, sudahkah Anda mengetahui cara mencari pelatihan terbaik?

Jika Anda ingin meningkatkan skills kepemimpinan ke level yang lebih tinggi, program pelatihan kepemimpinan memberikan apa yang Anda butuhkan. Namun, apakah Anda tahu syarat dan ciri training provider terbaik? Jika belum, yuk kita simak bersama cara memilih pelatihan kepempinan terbaik berikut. Sebelum memilih provider training kepemimpinan tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Yuk simak 10 cara memilih pelatihan kepemimpinan terbaik berikut ini.

Pertama, ketahui reputasi provider training. Mengapa reputasi dari provider ini harus kita perhatikan? Kenapa reputasi itu sangat penting? Karena reputasi adalah tolak ukur atau acuan yang menentukan status dan kredibilitas dari provider training tersebut.

Sama hal nya dengan rekam jejak (track record) seseorang di dalam internet, pasti akan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Apakah provider training leadership tersebut terpercaya? Apakah provider training tersebut memiliki kesan positif dari kliennya? Bagaimana caranya? Simak testimoninya dari berbagai platfom social media provider training tersebut.

Reputasi dari provider training bisa kita lihat dari berapa banyak klien yang dimiliki. Provider dengan reputasi positif yang kuat tentunya menarik orang lebih banyak karena memiliki value yang besar. Setelah itu, perusahaan mana saja yang telah membangun trustnya di provider yang bersangkutan? Cari tahu siapa saja klien dari provider tersebut dan lihat testimoni yang diberikan. Hal ini bisa dijadikan tolak ukur apakah provider training itu terpercaya atau tidak.

Karena perusahaan percaya bahwa provider dengan reputasi baik akan menghasilkan perubahan yang berkelanjutan bagi perusahaannya di masa depan. Menurut studi dari Harvard Business Review sebanyak 70%-80% nilai dari suatu perusahaan salah satunya adalah dari reputasi brand.

Kedua, memiliki brand reputation atau namanya dikenal. Ini berfungsi sebagai aspek penting yang meberikan insight tentang brand tersebut kepada pelanggan. Hal yang paling mudah untuk mengecek brand reputation adalah melalui pengecekan social media, internet, website, dan testimoni dari perusahaan yang sudah menggunakan jasa provider training tersebut.

Baca juga : Simak Pentingnya Leadership Training Bagi Perusahaan

Website dari suatu provider menjamin kredibilitas dan kualitasnya. Kredibilitas website dari provider menunjukkan kepada kita bahwa brand tersebut aman dan terpercaya. Sementara dari platform sosial media, seperti facebook, youtube, Instagram, twitter, kita dapat menilai bagaimana trainer menyampaikan materinya.

Dan kita juga bisa mengetahui mengenai aktifitas trainer tersebut ataupun materi yang diberikan trainer tersebut ketika pelatihan berlangsung. Pastikan provider yang kita pilih terhubung dengan platform social media secara up to date dan menyediakan contact person yang bisa dihubungi.

Ketiga, memiliki konsep/ metode yang jelas dan efektif. Cari tahu lebih dalam metode training yang dilakukan oleh provider dengan cermat. Bagaimana mengetahui metode training yang efektif? Menurut kodosurvey.com terdapat 4 indikator untuk mengukur efektivitas penyampaian materi training.

Yaitu, bagaimana audiens merespon dan berinteraksi saat training? Apa yang audiens pelajari dari training tersebut? Apakah audiens bisa mengambil pelajaran dan menerapkannya di pekerjaan? Apakah pelatihan leadership tersebut sesuai dengan harapan stakeholder?

Keempat, disupport oleh pembicara yang expert dan ahli di bidangnya, bukan yang palugada (yang penting ada). Pastikan pembicara/ trainer memiliki sertifikasi khusus di bidangnya. Bagaimana kita menilai apakah seseorang itu ahli dalam suatu bidang?

Pembicara atau Trainer disebut expert apabila ia mahir, cakap, trampil dan ahli dan tersertifikasi pada satu bidang tertentu. Mereka mengetahui banyak hal yang tidak diketahui banyak orang. Ada pepatah yang mengatakan “Waktu adalah uang”, kan?

Belajar dari sang ahli tentunya membuat waktu kita terinvestasi dengan lebih efektif dan bermanfaat. Tidak mau ‘kan, dilatih oleh orang yang tidak cakap dalam bidangnya? Rugi dan buang-buang waktu banget!

Kelima, memiliki kurikulum yang efektif. Kita harus menelusuri lebih dalam apakah kurikulum yang ditetapkan provider efektif atau tidak. Kurikulum efektif memuat beberapa aspek: objektif/ goals yang tepat, kognitif, waktu efektif, pemetaan, kegiatan, materi, tata bahasa, dan penilaian/ assesment yang jelas.  

Selain efektif, kurikulum juga harus bersifat fleksibel. Mengapa? karena Kurikulum fleksibel memberikan kesempatan bagi trainee/peserta untuk lebih bebas dan enjoy mengeksplor materi pelatihan. Di saat inilah materi pelatihan terimplementasi lebih baik.

Keenam, memiliki banyak pembicara. Punya banyak trainer atau pembicara yang berpengalaman, bersertifikat dan jam terbangnya tinggi (sudah mengisi training di berbagai perusahaan). Pastikan provider yang kita pilih memiliki banyak fasilitator.

Dengan banyaknya fasilitator, trainee/ peserta akan dihadapi banyak opsi sehingga materi yang disampaikan tidak akan terasa monoton. Peran dari fasilitator sendiri adalah membimbing, merencanakan, dan mengelola kegiatan untuk memastikan bahwa luaran training terpenuhi secara efektif.

Ketujuh, in class (face to face/tatap muka) dan online learning (webinar). Kondisi pandemi COVID-19 membuka banyak cara baru untuk belajar. Di seluruh dunia, institusi pendidikan, industry, maupun perusahaan mencari platform untuk mempermudah proses berlangsungnya kegiatan.

Disaat kondisi pandemi seperti inilah provider training juga harus menyediakan opsi training secara daring. Online learning lebih efektif dan efisien karena peserta tidak perlu datang ke satu kelas. Selain mencegah penularan COVID-19, biaya investasi training online relatif lebih murah dan fleksibel. Online learning bisa dalam bentuk webinar/live atau video recording.

Kedelapan, pahami bagaimana provider mentransfer knowledge. Ini adalah tentang “Apakah cara penyampaian materinya aplikatif di pekerjaan?”. Provider harus memiliki sistem transfer knowledge yang sederhana dan mudah dimengerti audiensnya.

Tentunya tidak sampai di situ saja, mereka juga harus memastikan bahwa setiap audiens dan tim mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Training kita katakan berhasil apabila informasi yang didapatkan bisa diterapkan di pekerjaan.

Kesembilan, cermati durasi training. Pelatihan kepemimpinan umumnya telah menyusun jadwal training. Waktu training yang dilaksanakan tidak boleh terlalu lama atau tidak terlalu singkat. Mengapa? Jika waktu training terlalu lama, peserta pasti jenuh dan training tidak akan kondusif.

Namun apabila waktu training terlalu singkat, bagaimana proses transfer knowledge itu terjadi? Kita sudah menginvestasikan biaya training kepemimpinan. Bukankah sia-sia jika kita tidak mendapatkan esensinya? Karena materi yang disampaikan tidaklah maksimal.

Kesepuluh, harga yang kompetitif. Pada poin ini, kita harus benar-benar selektif dalam budgeting training. Harga training yang ditawarkan tidak boleh terlalu mahal. Khawatirnya tidak akan efektif apalagi mengingat waktu training yang terbatas. Biaya yang harus ditinjau sesuai dengan kebutuhan, serta waktu pelaksanaan training, dan hal tersebut harus dipertimbangan ulang serta dipikirkan outpun yang akan didapatkan.

Baca juga : Ketahui 4 Tujuan Training Leadership Bagi Karier Anda

Begitupun sebaliknya, Anda harus berhati-hati pada provider training yang menawarkan harga di bawah standar. Kita tidak bisa menjamin kualitas training apabila harganya terlalu murah. Anda bisa membandingkan harga training berdasarkan topik tertentu dan cari rata-ratanya.

Cukup informatifkan tips dan trik 10 Cara Memilih Pelatihan Kepemimpinan Terbaik di atas? Menemukan provider terbaik tidaklah mudah. Kita harus meninjau dan selektif beberapa aspek terlebih dahulu. Namun, bagi Anda yang sedang mencari lembaga training terbaik, ALC Leadership Mangement adalah lembaga training terbaik di Indonesia yang Anda cari.

ALC Lembaga Pelatihan Terbaik Indonesia

ALC Leadership Management memenuhi 10 ciri provider training leadership dan management terbaik sebagaimana tersebut, di antaranya :

– Dipercaya sebagai training provider terbaik dan hingga saat ini sudah dipercaya lebih dari 300 perusahaan ternama di Indonesia. Untuk detail klien ALC, klik klien kami 

– Selain itu, provider ALC sangat dikenal dan special di bidangnya. Simak kegiatan dan testimoni dari klien kami, diantaranya Pertamina, Bank BCA, Mabes POLRI, PT Adaro Service (yang dulunya PT SIS), PT Great Giant Pinapple (GGP), PT Bukit Muria Jaya (BMJ), PT Bumimulia Indah Lestari

– ALC Leadership Management memiliki metode pendekatan yang teruji dan efektif. disediakan pretest, post test, engagement dan assessment untuk mengukur dan mengevaluasi perubahan peserta. Kami menjamin perubahan mindset maupun cara kerja. Pretest dilaksanakan paling lambat sehari sebelum training dimulai guna memetakan kemampuan dan kompetensi peserta.

– Seluruh pembicara ALC sangat expert di bidangnya dan berpengalaman menjadi trainer di perusahaan-perusahaan multinasional.

– Kurikulum yang ALC sampaikan mudah dipahami dan mencerminkan materi terkait. ALC Survey memberikan survey pada setiap peserta setelah 1 bulan mengikuti training. Sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjamin perubahan setiap peserta dan berdampak pada kinerja dan produktivitas perusahaan.

– In class (face to face/tatap muka) dan online learning (webinar). Kami menyediakan pelatihan offline/ face to face maupun online/ webinar. Online learning bisa dalam bentuk webinar/live atau video recording.

– ALC memiliki banyak trainer berpengalaman yang kompeten di bidangnya. Kami juga menerapkan ALC Development System, wadah berkembangnya para peserta training ALC usai mengikuti pelatihan. Diberikan secara periodik & konsisten. Langsung kepada alumni. Seminggu sekali tanpa batas waktu. Free, tidak dikenakan biaya.

– Cara ALC dalam mendelivery training adalah perpaduan antara teori dan praktek. Tools ALC sangat bisa diaplikasikan peserta di pekerjaan sehari-hari. Menggunakan sistem online yang kredibel, langsung orang per orang. Report disampaikan lengkap dengan nama setiap peserta.

– Durasi/ waktu training yang ALC laksanakan tidak terlalu lama ataupun terlalu singkat. Sehingga materi yang disampaikan efektif dan terimplementasi dengan baik.

– Kami menawarkan harga training yang kompetitif dan sesuai dengan budget perusahaan. Karena ALC menjamin kualitas dan kredibilitas dari semua materi.

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pelatihan kepemimpinan yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Counseling, Strategic Coaching, Coaching & Mentoring, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership skills Anda hari ini :

– Ketahui cara berdiskusi efektif, tahu masing-masing kepentingan dan memikirkan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah melalui Creative Negotiation Skills

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team. melalui Coaching & Mentoring

– Pelajari bagaimana cara untuk fokus pada tujuan, bijak dalam bersikap dan menjunjung tinggi integritas. Serta mengajarkan Anda cara mengembangkan team menjadi lebih baik. Melalui Leadership Fundamental.

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

Jadwal Training Online

Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Januari 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving And Decision Making
  • 20 Jan 2022 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement and Purchasing Management
  • 7 Februari 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 17 Februari 2022 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends