Sulit Fokus Pada Tujuan? Lakukan 5 Hal Ini Sekarang!

Fokus Pada Tujuan Utama

Fokus Pada Tujuan, Mengapa Begitu Penting? Yuk lakukan 5 hal ini sekarang!

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ijinkan saya mengajak Kita untuk kembali mengingat masa kecil. Masih ingatkah dulu sewaktu kecil, saat pertama kali kita belajar sepeda? Hem, bisa jadi Kita tersenyum simpul sekarang. Pikiran Kita melayang menuju ingatan momen itu. Sebuah momen yang tak terlupakan. Konyol, lucu dan menyenangkan.

Maklumlah. Yang namanya belajar bersepeda itu kan bukan perkara mudah. Sulit, sakit, senang dan ketagihan. Lucu, ya. Tak peduli berapa kali pun terjatuh, tetap saja kita berusaha bangkit, berdiri dan mencobanya lagi. Sampai berkali-kali, tanpa mau berhenti. Yang namanya rasa sakit itu tak terpikirkan lagi.

Satu-satunya yang ada dalam pikiran kita hanyalah bagaimana caranya kita bisa bersepeda. Menyeimbangkan tubuh kita, duduk asyik di atas pedal sepeda sambil terus mengayuhnya. Menuju sebuah tempat yang sangat kita inginkan.

Bersepeda itu bukan perkara mengayuh saja. Tetapi lebih pada menjaga keseimbangan antara badan dan sepeda. Sulit pada awalnya tetapi indah setelahnya dan ketagihan untuk melakukannya lagi dan lagi.

Sejak kecil kita fokus pada tujuan. Hanya saja belum menggunakannya dengan maksimal, apalagi menjadikannya sebuah habit. Kebiasaan memberi kita kekuatan, kecepatan dan keahlian meraih sebuah tujuan yang kita inginkan.

Jika sukses dan bahagia adalah tujuan kita, fokus pada tujuan adalah jawabannya.  Fokus memberi dampak luar biasa baik dalam karir, bisnis maupun kehidupan sehari-hari kita. 

Riset Harvard menunjukkan hasil pelacakan perasaan pada  dari 2.220 pengguna aplikasi iPhone di seluruh dunia. Bahwa 47%  merasa tidak fokus pada apa yang mereka lakukan serta merasa kebahagiaannya rendah.

Baca juga : Kenali 4 Penyebab Panik Anda Selama Ini, Atasi Sekarang!

Alex Korb, seorang peneliti postdoctoral Neuro Science UCLA University dan penulis The Upward Spiral  menyampaikan bahwa fokus pada tujuan jangka panjang membuat kita merasa termotivasi serta hidup lebih baik.

Fokus pada tujuan membuat diri kita termotivasi untuk selalu gigih pantang menyerah dan berusaha mewujudkannya. Merasa bahagia setiap kali bertindaknyata karena percaya dan yakin menuju ke arah yang kita inginkan.

5 Dampak Utama Jika Kita Fokus Pada Tujuan :

Pertama, memusatkan hati dan pikiran kita ke arah yang kita inginkan.

Fokus membuat kita tertuju kepada sesuatu yang ingin kita capai dan membuat kita tidak ingin melakukan segala sesuatu yang dapat menghambat tujuan kita. Fokus mendorong kita berpikir dan bertindak sekuat tenaga, berupaya mewujudkannya. Menyatukan mata, hati dan pikiran menjadi sebuah cahaya yang menyinari setiap langkah kita menuju sebuah tempat yang benar-benar kita inginkan.

Kedua, memberi kita kekuatan untuk terus bertindak nyata.

Jika kita sudah menargetkan sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka kita ingin mencapainya secepat mungkin dan tidak ingin mengulur waktu yang lama dengan hanya keinginan. Untuk mencapai sesuatu yang kita targetkan, dibutuhkan tekad dan tindakan nyata yang terarah tidak hanya omong kosong belaka. Jika kita fokus, maka kita dapat menyusun strateginya dengan langkah-langkah cerdas dengan cara yang sederhana.

Ketiga, mendorong kita berusaha mencari solusi.

Dengan fokus pada tujuan yang ingin di raih, secara otomatis kita akan memikirkan segala cara yang paling efisien. Kita juga akan memikirkan cara untuk mengatasi segala masalah yang mungkin akan menghambat proses kita mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya masalah, maka kita akan belajar untuk menemukan solusinya, bukan mencari alasan apalagi adu argumentasi yang hanya menguras energi.

Keempat, menguatkan kita untuk berani mengambil keputusan.

Ya, fokus membuat kita untuk berani mengambil segala keputusan yang mungkin akan melalui banyak resiko yang kita terima. Belajarlah untuk menelan segala resiko yang kita ambil, bukan diam dalam keraguan, apalagi takut dan lari dari kenyataan. Dengan kita fokus, maka kita tidak akan ragu dengan apa yang kita pilih, karena jika kita takut untuk mengambil keputusan, maka tujuan yang kita targetkan tidak akan tercapai.

Kelima, membangkitkan rasa percaya diri kita untuk terus berubah serta melakukan perubahan.

Dengan kita berani mengambil keputusan, maka kita akan lebih percaya diri karena kita telah menimbang segala resiko dan segala sesuatu yang akan terjadi.

Dengan menggunakan intuisi kita dan yakin bahwa pilihan tersebut adalah pilihan yang terbaik, otomatis rasa percaya diri kita akan tumbuh. Kepercayaan diri yang tumbuh akan membantu kita untuk menghadapi masalah yang akan datang dan kita akan lebih siap karena sudah mulai terbiasa untuk mengambil keputusan.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Sebagai Pemimpin Anda Harus Rendah Hati

Melihat 5 dampak utama di atas, membuat kita menyadari akan betapa besar dampak fokus dalam kehidupan kita, karir yang kita bangun  maupun bisnis yang kita kembangkan selama ini.

Pertanyaannya, seberapa fokus kita pada tujuan selama ini?
Langkah strategis dan tindakan nyata apa saja yang sudah kita lakukan?
Saatnya jujur di dalam hati. Merasa tertarik dan tertantang untuk lebih fokus pada tujuan?

Share With Your Friends