Dampak Leadership Skills Pada Karir dan Bisnis Kita

Dampak Leadership Skills Pada Karir dan Bisnis Kita.

 

Seberapa penting leadership skills menurut Anda? Jika jawabannya tidaklah penting, Anda berada di tempat yang tepat sekarang ini. Karena sebentar lagi Anda akan membuktikannya sekaligus mendapatkan jawaban tepatnya.

Dengan cara mengajak Anda untuk melihat langsung dampak leadership skills pada karir dan bisnis  Anda selama ini. Baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Namun jika jawaban Anda skills leadership itu penting sekali, maka jawaban Anda tepat sekali.

Ya, karena Anda telah merasakan manfaat dan pengaruhnya yang luar biasa. Bukan hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga team yang mensupport Anda. Atasan Anda. Klien Anda. Pekerjaan pun menjadi lebih berkualitas dan cepat tuntas.

Loh, kok bisa? Baiklah. Mari kita bedah bersama.

Lingkup leadership

Sekarang mari kita samakan persepsi dulu tentang lingkup leadership skills disini. Diantaranya cara kita berkomunikasi, cara menghadapi permasalahan, cara mengambil keputusan, cara memberi solusi dan cara kita bertindak saat menghadapi kesulitan.

Pun cara membangun hubungan dan komunikasi yang baik, cara mengatasi orang yang sulit dan menyulitkan pekerjaan. Dan yang tak kalah penting lagi, cara menggerakkan team dan orang-orang di sekitar kita untuk aktif terlibat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Tumpang Tindih Di Pekerjaan

Luas, ya. Padahal ini baru sebagian. Semakin tinggi skills kita di leadership, semakin mudah kita meraih tujuan. Menjadi seseorang yang kita inginkan.

Memiliki karir cemerlang serta bisnis yang menguntungkan dan memberi berkah untuk banyak orang. 

Menariknya lagi, untuk memiliki skills ini tidak dibutuhkan bakat. Tetapi niat baik dan kesungguhan hati dengan cara mempraktekkannya sehari-hari.

Dan berita baiknya kita sangat bisa membangun dan meningkatkannya dari sekarang. Asyik, kan? Sekarang yuk kita kenali satu persatu dampak leadership skills pada karir dan bisnis kita selama ini.

5 dampak besar leadership yang wajib Anda ketahui 

Pertama, cara kerja kita.

Pernahkah Anda bertemu orang yang cara kerjanya semau sendiri, sering menyalahkan dan tidak mau tahu kesulitan pekerjaan orang lain?

Orang yang seperti ini sudah jelas maunya dipahami dan bukannya memahami. Mintanya didengarkan tanpa berusaha mendengarkan pendapat orang. Sering menyalahkan orang lain tanpa berusaha memahami penyebabnya.

 

Bagaimana rasanya saat bekerja dengan orang seperti itu? Ya jelas tidak enaklah. Suasana kerja menjadi kurang nyaman. Konsentrasi terganggu. Semangat kerja pun menurun seperti halnya terjun payung.

Pertanyaannya, pernahkah kita bersikap sama seperti orang tersebut? Jangan-jangan cara kita bekerja justru seperti itu. Ouch!

Sangat berbeda halnya dengan orang yang memiliki kemampuan leadership. Cara kerjanya lebih terstruktur. Selalu berusaha melibatkan teamnya.

Tidak bekerja sendiri apalagi hanya memerintah saja tanpa berusaha terjun di dalamnya. Tidak menyalahkan orang lain dan berusaha memahami kesulitan apa saja yang dihadapi orang lain.

Kedua, kualitas kerja kita.

Percaya atau tidak jika kualitas kerja kita selama ini ternyata biasa saja apalagi buruk, ini pertanda kita belum mampu menjadi seorang pemimpin.

Bagaimana kita bisa menuntut team untuk kerja yang berkualitas jika kita sendiri saja payah?

Bukankah sebelum menuntut mereka kita wajib memberi contoh? Karena sebagai pemimpin kita ini adalah panutan. Dan salah satu tanggung jawab kita adalah memberi mereka tauladan. Contoh langsung. Bukan teori.

Ketiga, cara kita menyelesaikan masalah.

Kapasitas kita sebagai pemimpin tercermin dari cara kita menyelesaikan sebuah persoalan. Kesigapan kita mengatasi hambatan serta cara kita memberi solusi menunjukkan kemampuan kita sebagai seorang pemimpin. Khususnya saat menghadapi tekanan.

Begitu juga dengan kemampuan kita menyikapi kesulitan serta kecepatan kita dalam mengambil keputusan. Ini sangat berdampak pada motivasi dan semangat kerja team kita. Mereka merasa mendapatkan support kita yang sesungguhnya dan tidak bekerja sendiri.

Baca Juga : Antusias, Sulitkah?

Keempat, cara kita mencapai tujuan.

Sadar atau tidak, cara kita mencapai sebuah tujuan menunjukkan kualitas diri kita sebagai pemimpin. Tentu saja kita patut disebut sebagai pemimpin yang baik jika selalu berusaha memberdayakan dan melibatkan team dalam mencapai tujuan bersama.

Tidak bekerja sendirian apalagi hanya memerintah orang. Jauh dari kecurangan apalagi kelicikan untuk menjatuhkan orang. Senang melakukan perubahan yang bermanfaat untuk banyak orang.

Kelima, cara kita membangun hubungan & mengembangkan team.

Kehebatan seorang pemimpin itu nampak dari caranya membangun hubungan. Begitu juga halnya dengan diri kita.

Cakap tidaknya kita sebagai pemimpin bisa dilihat dari cara kita berkomunikasi. Satu arah atau dua arah. Meminta orang lain selalu mendengarkan diri kita atau kita pun berusaha mendengar pendapat mereka?

Menjalin hubungan karena sebuah kepentingan atau kepedulian? Jika jawabannya adalah kepentingan, sudah jelas kita termasuk pemimpin yang belum mumpuni. Egois dan semau sendiri. Jauh dari kepedulian apalagi ketulusan. 

Sebaliknya. Jika cara kita membangun komunikasi selama ini karena bentuk sebuah kepedulian, maka kita patut bersyukur karena jiwa leadership telah mengakar di dalam diri kita.

Wah tidak terasa kita sudah berdiskusi panjang lebar di sini. Seru, ya. Bersama kita membuktikan akan betasa besar dampak leadership skills pada karir dan bisnis kita.

Banyak point di atas yang membuat kita menyadari akan hal-hal yang harus kita perbaiki dan kita tingkatkan lagi. Dan kita sepakat untuk memulainya hari ini. Selamat berubah & melakukan perubahan.

 

Ainy Fauziyah

More Posts By Ainy Fauziyah

Related Post

Leave us a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.