6 Ciri Training Provider Terbaik Yang Patut Anda Ketahui

6 Ciri Training Provider Terbaik Yang Patut Anda Ketahui

Pernahkah Anda kecewa dengan lembaga training provider pilihan Anda? Seberapa sering Anda merasakannya? Anda pernah kesulitan menemukan jasa vendor training, lembaga pelatihan yang terbaik & berkualitas?

Jika jawabannya adalah ya, percayalah. Anda bukanlah satu-satunya yang mengalami hal ini. Banyak perusahaan yang juga berpengalaman merasakannya. Sudah berhati-hati & selektif dalam memilih provider in house training, tetapi hasilnya tetap juga belum memuaskan. Karena belum ada perubahan signifikan pada peserta.

Padahal maksud hati mengadakan training pelatihan SDM, untuk karyawan supaya mereka berubah. Cara kerjanya menjadi lebih baik. Kinerja meningkat. Produktivitas melesat.

Kenyataannya? Minggu kedua setelah training, mereka kembali pada kebiasaan sebelumnya. Alias tidak ada perubahan yang berarti.

Bisa jadi pengalaman buruk itu membuat Anda merasa bahwa menemukan penyedia jasa training provider yang baik adalah hal yang sulit. Bahkan rumit.

Eit. Tunggu dulu. Anda sekarang berada di tempat yang tepat untuk mengobati kekecewaan yang lalu. Berikut cara jitu menentukan provider training terbaik.

6 ciri provider training yang bagus dibawah ini menjadikan Anda lebih mudah dalam memilihnya.

Baca Juga : Antusias, Sulitkah?

Pertama, spesial & ahli di bidang lembaga training.

Lihatlah pengalamannya, seberapa kuat ia dibidangnya. Misal pelatihan procurement, SDM atau leadership training. Seberapa spesifik topik-topiknya. Semakin unik judulnya, semakin tinggi tingkat keahlian para pembicaranya di bidang tersebut. Semakin spesial mereka di bidangnya.

Jangan terjebak dengan kata-kata indah. Buktikan seberapa mereka ahli di bidangnya. Beri mereka contoh kasus karyawan, supervisor atau manager yang Anda hadapi.

Tanyakan apa solusi mereka dan topik yang pas. Adakah klien mereka mengalami hal yang sama. Simak penjelasannya. To the point atau panjang dan berujung tidak jelas. Alias beribet. Membuat Anda bingung dan kurang paham.

Jika sudah begini pertanda vendor training penyedia jasa pelatihan karyawan tersebut tidak ahli di bidangnya.

Kedua, para pembicaranya praktisi leadership yang berpengalaman & bersertifikat.

Profesional tidaknya lembaga training tercermin dari para pembicaranya. Khususnya jam terbang mereka sebagai narasumber di perusahaan ternama. Trainer atau pembicara yang ahli di bidangnya adalah para praktisi bukan teori.

Banyak provider yang membawakan aneka topik dari leadership, SDM, marketing bercampur aduk. Istilahnya palugada. Apapun yang dibutuhkan klien, mereka selalu ada dengan pembicara training yang sama. Tidak spesial di bidangnya.

Ini pertanda mereka project minded. Yang penting mendapatkan proyek, uang dan keuntungan. Bukan kualitas apalagi perubahan. Nah, bila Anda bertemu dengan penyedia jasa training seperti ini mending coret langsung dari list Anda.

Atau bisa jadi saat proses seleksi lembaga training Anda menemukan vendor yang trainernya tidak ahli di bidangnya. Jam terbangnya rendah. Tetapi harganya murah. Dan inilah yang membuat Anda dan team jatuh hati memilihnya.

Nah kalau sudah begini, Anda sudah tahu jawabannya. Pelatihan SDM yang Anda adakan menjadi percuma dan tidak berguna. Disamping membuang uang perusahaan, juga membuat karyawan tidak tertarik lagi mengikuti pelatihan yang Anda selenggarakan. Karena membuang waktu kerja mereka.

Ketiga, mengubah cara pandang, sikap & perilaku peserta.

Provider in house training yang berkualitas menjamin perubahan. Dimulai dari cara pandang, sikap maupun perilaku setiap peserta. Dan jaminan itu dibuktikan secara nyata. Tidak omdo semata alias omong doang.

Ditepati dengan bentuk laporan yang terukur. Didukung bukti nyata yang menunjukkan perubahan. Tentu saja ini bukanlah pekerjaan mudah. Makanya hanya provider besar, profesional & spesial di bidangnya yang mampu melakukannya. Karena hasil menunjukkan kualitas.

Keempat, memiliki sistem pengembangan lanjutan untuk peserta.

Jarang ada provider inhouse training yang memiliki pengembangan berkelanjutan untuk peserta. Apalagi membangun engagement setelah usai mengikuti workshop / pelatihan.

Istilah umumnya sih ada maintenance setelah selesai mengikuti training. Jadi masih ada koneksi, hubungan komunikasi dengan peserta. Nah untuk membangun engagement ini dibutuhkan biaya sistem & keahlian spesial untuk mengembangkan mereka.  Dan harus bersifat konsisten.

Paling tidak seminggu sekali mereka mendapatkan insight /  ilmu / sharing ilmu pengetahuan maupun teori yang mensupport mereka. Membuat mereka lebih percaya diri, selalu ingin berubah & berkembang membangun karir yang lebih cemerlang.

Kelima, memiliki program public training lengkap dengan jadwal program info seminar 1 tahun.

Untuk menjadi provider pelatihan yang mempunyai jadwal training lengkap 1 tahun bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan effort yang besar untuk menjalankannya. Itulah sebabnya tidak semua training provider indonesia memiliki jadwal seminar apalagi lengkap 1 tahun.

Keberlangsungan public training juga menunjukkan kredibilitas penyelenggara pelatihan tersebut.

Baca Juga : Ternyata Ini Manfaat Berpikir & Bergaya Hidup Sederhana

Keenam, sudah memiliki banyak klien perusahaan ternama baik nasional maupun internasional.

Ini sudah pasti. Semakin penyedia jasa pelatihan memiliki banyak klien perusahaan besar, semakin diakui kualitasnya. Karena untuk mendapatkan kepercayaan banyak perusahaan multi nasional bukanlah pekerjaan mudah. Khususnya untuk provider in house training pemula.

Vendor Training atau Training Provider yang spesial di bidangnya mendapatkan kepercayaan perusahaan multi nasional karena 5 hal di atas. Disamping memiliki pembicara ahli, juga mempunyai sistem pengembangan peserta yang berkelanjutan. Senantiasa membangun hubungan komunikasi yang baik meski pelatihan sudah selesai. Jadi tidak putus hubungan begitu saja.

Nah dari keenam ciri-ciri tersebut di atas, sudahkah provider training Anda memilikinya? Seberapa besar dampak perubahannya? Jika belum sesuai harapan, saatnya mencari jasa pelatihan yang berkualitas.

ALC – pusat pengembangan leadership management Indonesia memiliki sistem pengembangan peserta training secara berkelanjutan. Didirikan Ainy Fauziyah, leadership coach & motivator Indonesia yang mumpuni di dunia leadership. Pakar leadership Indonesia yang bertangan dingin, karena mampu mengembangkan ALC dari embrio menjadi besar & terbaik di Indonesia.

Ainy Leadership Center yang kemudian dikenal ALC ini juga memiliki ALC Survey & ALC Development System.

ALC Survey memberikan survey pada setiap peserta setelah 1 bulan mengikuti training. Sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjamin perubahan setiap peserta dan berdampak pada kinerja dan produktifitas perusahaan.

Bukti perubahan kami nilai secara terukur. Lengkap dengan grafik & summary.   Menggunakan sistem online yang kredibel, langsung orang per orang. Report disampaikan lengkap dengan nama setiap peserta berikut point setiap perubahan mereka.

ALC Development System, wadah berkembangnya para peserta training ALC usai mengikuti pelatihan. Diberikan secara periodik & konsisten. Langsung kepada alumni. Seminggu sekali tanpa batas waktu. Free, tidak dikenakan biaya.

Satu hal lagi, ALC mengevaluasi peserta secara sistematis & berkesinambungan. Sangat berguna untuk talent development mereka. Sekaligus memudahkan HRD /  SDM dalam melihat perkembangan potensi yang mereka miliki.

Biaya investasi training bersama ALC dikenal ekonomis. Hasilnya berkualitas. Skill Anda dan team meningkat.

Hubungi ALC Team, Rini : 087779199555 sekarang. Dapatkan penawaran spesial dari kami dibulan ini.

Ainy Fauziyah

More Posts By Ainy Fauziyah

Related Post

Leave us a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

× Ada yang bisa kami bantu?