3 Penyebab Kurang Percaya Diri

3 Penyebab Kurang Percaya Diri – Rasa percaya diri itu penting sekali, baik untuk pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Banyak loh diantara kita yang belum percaya diri dan mengansumsikan bahwa sumber penyebabnya adalah lebih kepada penampilan fisik, cara bermake up, cara berpakaian dan sebagainya. Padahal bukan itu semua.

Ada 3 sumber penyebab rasa kurang percaya diri.

Penasarankan? Yuk sekarang kita bahas bersama.


Pertama, merasa tidak bisa.

Jangan salah loh, orang yang merasa tidak bisa awalnya saja sudah berkata tidak bisa.

Nah, orang yang seperti ini nih yang ada di dalam hati dan pikirannya selalu memikirkan masalahnya, kesulitannya dari pada peluangnya.

Bukannya memikirkan bagaiman caranya mengatasi kondisi itu tetapi lebih kepada, “saya tidak bisa nih”.

 

Kedua, kurang pengetahuan.

Emang benar orang yang kurang pengetahuan bisa nggak PD? Bisa banget!

Mari kita ingat kembali saat kita mengalami promosi jabatan. Apa yang terjadi? Senang. Tapi dibalik rasa senang itu ada rasa kurang percaya diri, sebagian diantara kita.

Why? Karena disitulah kita tahu, ada banyak pengetahuan yang harus kita ketahui, masih banyak skills yang perlu kita miliki.

Nah, orang yang kurang PD disini sudah tahu dirinya kurang pengetahuan tetapi karena hatinya mengatakan “saya tidak bisa”. Akibatnya pengetahuannya semakin kurang, rasa kurang percaya dirinya semakin bertambah.

Lalu, bagaimana dengan penyebab yang ketiga?

 

Ketiga, kurang percaya pada kemampuannya.

 

Tahu nggak sih orang yang kurang percaya pada kemampuannya ini bukan berarti dia nggak punya pengetahuan loh, bukan berarti dia tidak punya pendidikan maupun ilmu loh. Tetapi lebih kepada dia tidak menyadari bahwa di dalam dirinya banyak potensi yang luar biasa.

Mangapa ini terjadi? Karena orang yang kurang percaya pada kemampuannya lebih membandingkan kekurangan dengan kelebihannya. Satu sisi bagus, membandingkan kekurangannya dengan kelebihannya.

Tetapi orang yang kurang PD ini disamping membandingkan kekurangannya dengan kelebihannya, ingat dasarnya, hatinya mengatakan dirinya tidak bisa.

So 3 hal ini, 3 hal sederhana inilah ternyata penyebab rasa krang percaya diri kita. Sekarang mari kita bercermin di dalam diri kita, dari 3 penyebab kurang percaya diri ini, adakah kita memilikinya? Saatnya jujur di dalam hati.

 

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply